Pil KB dan Kanker Payudara

wanita + pil KBKANKER PAYUDARA –┬áPenelitian Terbaru Mengenai Hubungan Antara Pil KB dan Kanker Payudara

Pada penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa hormon estrogen yang terdapat di dalam pil KB merupakan kunci penting yang menghubungan antara penggunaan pil KB dengan peningkatan resiko terjadinya kanker payudara.

Para peneliti menemukan bahwa para wanita yang mengkonsumsi pil KB yang mengandung estrogen dosis tinggi memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami kanker payudara.

Anda mungkin sudah pernah mendengar mengenai adanya hubungan antara pil KB dan kanker payudara. Walaupun banyak penelitian menunjukkan bahwa pil KB dapat sedikit meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara, akan tetapi berbagai penelitian ini juga menunjukkan bahwa resiko ini akan hilang bila Anda tidak lagi menggunakan pil KB selama 10 tahun. Sedangkan beberapa penelitian lainnya tidak menemukan adanya hubungan signifikan antara penggunaan pil KB dengan peningkatan resiko terjadinya kanker payudara.

Para peneliti membagi pil KB dalam 3 kategori, yaitu pil KB yang hanya mengandung sedikit estrogen sintetik (sekitar 20 mcg etinil estradiol), pil KB yang mengandung estrogen sintetik dalam jumlah sedang (sekitar 30-35 mcg etinil estradiol atau 50 mcg mestranol), dan pil KB yang mengandung banyak estrogen sintetik (sekitar 50 mcg etinil estradiol atau 80 mcg mestranol).

Pada penelitian ini, para peneliti memeriksa riwayat penggunaan obat dari 1.102 orang wanita yang telah didiagnosa menderita kanker payudara. Para peneliti kemudian membandingkan jenis pil KB yang mereka gunakan selama satu tahun terakhir dengan jenis pil KB yang digunakan oleh 21.952 orang wanita lainnya yang tidak menderita kanker payudara.

Para peneliti kemudian menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi pil KB dengan kadar estrogen yang tinggi dalam 1 tahun terakhir memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita kanker payudara (2.7 kali lipat).

Sementara itu, wanita yang mengkonsumsi pil KB dengan kadar estrogen sedang dalam 1 tahun terakhir memiliki resiko menderita kanker payudara yang lebih rendah (1.6 kali lipat). Sedangkan wanita yang mengkonsumsi pil KB dengan kadar estrogen rendah sama sekali tidak mengalami peningkatan resiko terjadinya kanker payudara.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan hormon seks wanita, yaitu estrogen merupakan salah satu hormon yang turut berperan dalam pertumbuhan jaringan payudara dan para peneliti menduga bahwa dosis dan jenis estrogen yang terdapat di dalam pil KB dapat mempengaruhi terjadinya kanker payudara. Selain itu, hormon progestin yang juga terdapat di dalam pil KB mungkin juga memiliki peranan.

Dari Berbagai Sumber.

Resep Oris

info lengkap

Digiprove sealThis content has been Digiproved © 2015 
Ingin Berkomentar ? Silahkan tuliskan dibawah ini
Sebarkan Artikel ini untuk relasi anda

Leave a Reply