Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan Kita

Donor Darah
Donor Darah

DONOR DARAH dan Manfaatnya – Sementara banyak orang memiliki rasa enggan untuk mendonorkan darahnya untuk mereka yang memerlukan dengan berbagai alasan yang tidak berhubungan dengan kesehatan. Sejatinya Donor Darah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, bahkan dianjurkan untuk rutin setiap 3 Bulan sekali mendonorkan darah kita. Berbagai macam manfaat dari donor darah yang bisa didapat oleh tubuh seperti memberikan rangsangan bagi jantung kita untuk bekerja lebih baik karena setiap hari sejatinya 1% dari total sel darah kita mengalami kerusakan atau menjadi sel yang pecah. Bila anda memiliki hobi automotiv bisa dibayangkan bila anda tidak mengganti olie mesin anda sesuai dengan standart yang ditentukan oleh produsen motor tentu motor akan mengalami kerusakan dan tentu anda juga paham kenapa motor memiliki filter olie yang wajib diganti pada periode tertentu.

Selain kinerja jantung lebih optimal bila kita rutin mendonorkan darah, endapan kolesterol dalam darah juga bisa dikurangi, anda akan terhindar dari kondisi serangan stroke karena hambatan sirkulasi darah yang disebabkan endapan kolesterol dalam darah.

Syarat untuk bisa menjadi pendonor selain tensi darah normal sesuai usia pendonor pada rentang 120 – 140 juga harus memiliki kualitas HB darah yang bagus pada kisaran angka 12.5 dimana bila calon pendonor memiliki kandungan HB yang rendah jelas kualitas darah belum masuk standart sebagai darah donor. HB dipengaruhi oleh kadar zat besi dalam darah calon pendonor.

Berikut kami kutip 8 macam manfaat dari Donor Darah yang bisa kita peroleh:

1. Mengurangi penyakit jantung

Salah satu manfaat kesehatan dari mendonorkan darah secara teratur adalah membuat jantung Anda senantiasa sehat. Dengan begitu, akan meningkatkan zat besi dalam darah dan juga mengurangi kemungkinan Anda menderita penyakit jantung.

2. Meningkatkan produksi darah

Manfaat mendonorkan darah secara teratur dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Proses mendonorkan darah ini, akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien

3. Membakar kalori

Mendonorkan darah secara teratur akan membantu Anda membakar kalori dalam tubuh. Tidak percaya? Bayangkan saja, ketika darah yang Anda donorkan sebanyak 450 ml, maka Anda pun kehilangan sekitar 650 kalori.

4. Menurunkan risiko kanker

Selain membantu membakar kalori, mendonorkan darah pun dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Termasuk kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan kanker tenggorokan.

5. Bagian dari periksa kesehatan

Mendonorkan darah juga dapat digunakan sebagai uji pemeriksaan kesehatan diri sendiri. Ketika darah yang Anda miliki berada di dalam kantong darah dan diperiksa di laboratorium, maka tim medis akan melihat dan menganalisa apakah Anda menderita suatu penyakit tertentu atau tidak. Sebab jika Anda negatif dari segala jenis penyakit, maka darah yang Anda miliki dapat disumbangkan untuk mereka yang membutuhkan. Jika tidak, maka Anda akan diberitahu apa yang sebenarnya sedang terjadi.

6. Pikiran lebih stabil

Apakah Anda tahu bahwa mendonorkan darah secara rutin dapat membantu Anda menjaga pikiran tetap stabil? Inilah faktanya. Dengan mendonorkan darah, akan membuat Anda merasa lebih bahagia dan damai. Bahagia karena dapat menolong sesama dan damai dengan tubuh sendiri.

7. Menurunkan kolesterol

Manfaat kesehatan lain dari mendonorkan darah secara rutin adalah akan membantu Anda untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

8. Menjadi lansia yang sehat

Banyak orang tua yang memiliki kesehatan cukup baik dan prima di usianya yang telah lanjut tersebut. Ini sebabkan karena mereka senantiasa menyumbangkan darahnya sejak muda sampai mereka tua.

Dari berbagai manfaat positif donor darah yang rutin bisa kita lakukan selain memiliki efek positif untuk kesehatan pendonor juga mempunyai nilai tambah karena bisa memberikan pertolongan pada mereka yang lebih membutuhkan. Kita sangat beruntung bila masih bisa memberikan dan menyumbangkan darah kita. Tentu Motivasi ingin hidup sehat akan mengalahkan sekantong darah yang kita keluarkan dari tubuh kita bagi mereka yang membutuhkan.

Ingin Berkomentar ? Silahkan tuliskan dibawah ini
Sebarkan Artikel ini untuk relasi anda

Leave a Reply